Pemkab Gorontalo Rangkul Kanwil DJPb Gelar Pelatihan Kewirausahaan Bagi Usaha Mikro

INDONESIASATU.CO.ID:

LIMBOTO - Senin (30/7) Dalam rangka mendukung kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gorontalo, Pemerintah Kabupaten Gorontalo bekerja sama dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo dan beberapa pihak terkait menggelar acara Pelatihan Kewirausahaan Bagi Usaha Mikro Kabupaten Gorontalo. Kegiatan ini merupakan wujud dari Gerakan Kewirausahaan Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha mikro agar bisa bertahan dan tumbuh menjadi pelaku usaha yang sukses di zaman kemajuan era teknologi ini.  
Acara pelatihan yang dilaksanakan di Omar Hotel, Limboto ini dihadiri langsung oleh Bupati Gorontalo dan Asisten Deputi Permodalan Kementerian Koperasi. Selain itu, turut hadir Pimpinan BRI Cabang Limboto, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo serta para pelaku usaha mikro Kabupaten Gorontalo.
Bupati Gorontalo, Prof. DR.Ir Nelson Pomalingo, M.Pd, menyampaikan bahwa pelatihan kewirausahaan dan pendidikan karakter bagi pelaku usaha mikro ini digelar sebagai salah satu langkah dalam mengatasi kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Gorontalo. Targetnya adalah dapat melahirkan seribu pelaku usaha baru dalam setiap tahunnya.
Selain itu, beliau menambahkan bahwa dalam rangka mengembangkan kewirausahaan ini diperlukan stratergi bagi pelaku usaha yang sudah jalan maupun yang masih baru. Langkah ini menentukan kebutuhan alat analisa yang diperlukan terhadap pelaku usaha tersebut. 
Asisten Deputi Permodalan Kementerian Koperasi, Ir. Luhur P, menyampaikan dalam acara tersebut bahwa dengan adanya pelatihan kewirausahan, para pelaku usaha mikro bisa mengakses sumber-sumber pembiyaaan yang tidak hanya bergantung pada pemerintah. Namun bisa mengakses sumber pembiaayan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Ultra Mikro (UMi). Sumber pembiayaan tersebut harus digunakan hanya untuk keperluan produktif bukan untuk konsumtif.
Dalam kesempatan itu juga, Juanda, Kepala Seksi PPA IIc Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, menyampaikan pentingnya Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) sebagai basis data pelaku usaha UMKM dalam mewujudkan sistem informasi terintegrasi untuk mendukung percepatan kemajuan wirausaha dalam menyuplai penyaluran KUR dan UMi. 
Acara ini juga mendapat dukungan penuh dari Bank BRI Cabang Limboto dan Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo. 
Sebagai akhir dari acara dilakukan penandatangan komitmen bersama untuk mengembangkan dan memajukan kewirausahaan di Kabupaten Gorontalo

 

  • Whatsapp

Index Berita