Hadiri Ziarah Amanah Silek Pangian Rantau Batanghari ke 118, Wabup Dharmasraya: Silek Tuo ini, Perlu Terus Dipertahankan dan Dilestarikan

INDONESIASATU.CO.ID:

DHARMASRAYA - Wakil Bupati H. Amrizal Dt Rajo Medan menghadiri Ziarah Amanah Silek Pangian Rantau Batanghari ke 118 di Balai-balai Laman Tuo, Nagari Sungai Dareh, Kamis (06/09).

Acara Ziarah Amanah Silek Pangian ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh pengurus sebagai ajang silaturrahim antara sesama anggota perguruan yang berasal dari berbagai daerah yang dipimpin oleh Guru Surang di Rantau yang merupakan generasi ketiga. Selain itu, acara ini juga sekaligus dalam rangka berziarah ke makam Guru Besar Silek Pangian yang berada di Sungai Dareh.

Wabup dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang rutin dilaksanakan saban tahun ini. Menurut Wabup, keberadaan Silek Pangian adalah sebagai salah satu Silek Tuo di Minangkabau yang sudah terkenal dan banyak tersebar di berbagai wilayah, baik di Minangkabau maupun di luar Minangkabau.
“Silek Tuo ini, perlu terus dipertahankan dan dilestarikan,” ujar Wabup.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya pun, sebut Wabup, sangat mendukung kegiatan ini. Karena dapat mengembangkan serta melestarikan nilai-nilai budaya yang dapat dijadikan sebagai salah satu sektor pariwisata di Kabupaten Dharmasraya dalam rangka peningkatan perekonomian daerah.

"Budaya dan sejarah akan menjadi prioritas dalam pengembangan wisata di Kabupaten Dharmasraya. Untuk itu seluruh potensi yang ada harus mampu kita gali dan lestarikan, salah satunya Silek Pangian Rantau Batanghari ini," ujar Wabup.

Wabup juga berharap, acara ini dapat dikemas menjadi suatu destinasi wisata budaya yang dapat menarik wisatawan. "Sehingga, selain untuk mengembangkan dan melestarikan keberadaan Silek Pangian, acara ini juga dapat menjadi salah satu sektor pemasukan daerah untuk mengangkat perekonomian masyarakat," tandas Wabup.(***)

  • Whatsapp

Berita Terkait

Index Berita